Teman-teman saat menggunakan Arduino IDE untuk membuat program yang diupload ke development board ESP8266 seperti NodeMCU dan Wemos pasti menemukan pesan yaitu:


Leaving...
Hard Resetting Via RTS pin...


Sebenarnya ini apa? Cara mengatasi nya bagaimana?


Sebenarnya ini bukanlah sebuah error, tapi memang seharusnya muncul pesan seperti itu. Jadi jika teman-teman meminta solusi untuk kasus tersebut tentu tidak ada solusi nya karena hal tersbeut bukan sebuah masalah apalagi sesuatu yang harus dicari solusinya. Justru jika tidak muncul pesan seperti itu maka ada kemungkinan program teman-teman ini gagal diupload.


Lalu untuk apa ada pesan tersebut dan apa fungsinya?

Kita akan mulai dengan cara upload ke ESP8266 itu sendiri (termasuk juga ESP32). Pada saat kita selesai melakukan upload maka wajib bagi kita menekan tombol Reset (RST) agar program dapat dieksekusi.


Nah disinilah para pembuat library ESP8266 untuk Arduino IDE sangat berbaik hati. Agar teman-teman tidak perlu menekan tombol reset setiap kali selesai melakukan upload maka mereka membuat fitur yang menekan reset adalah dari uploader nya secara otomatis. Akhirnya muncul pesan Hard resetting via RTS pin alias dalam Bahasa Indonesia adalah Reset (ulang) secara paksa melalui pin RTS.


Kenapa harus di-reset secara paksa? Ya agar teman-teman tidak perlu repot menekan tombol reset.


Bagi teman-teman yang ingin belajar mengenai IoT dari dasar, bisa mengambil membership di Nusabot dengan mengunjungi laman https://nusabot.id/membership. Disana teman-teman bisa belajar sepuasnya kapanpun dimanapun serta sangat direkomendasikan bagi pemula.


Materi Nusabot bukan materi yang banyak bertebaran di Youtube, banyak materi yang memang ekslusif serta semua nya sudah tersusun sehingga teman-teman tidak perlu belajar lompat sana sini lagi bingung harus mulai dari mana.

Postingan Terkait