Long Range Wide Area Network (LoRaWAN) adalah suatu jenis jaringan untuk area telekomunikasi nirkabel yang dirancang untuk memungkinkan komunikasi jarak jauh dengan bit rate rendah. LoRaWAN dapat digunakan pada jaringan komunikasi yang memiliki jangkauan luas dengan menggunakan end device.


LoRaWAN menawarkan berbagai macam keunggulannya yang mampu menjawab berbagai tantangan tentang penerapan IoT, tetapi penerapan teknologi LoRaWAN saat ini masih sangat terbatas, sehingga masih diperlukannya simulasi dan analisis kelayakan sejauh mana teknologi LoRaWAN mampu disimulasikan di area perkotaan di Indonesia.


Penelitian Tentang LoRaWAN

Pada penelitian ini dilakukan analisis kinerja dari protokol LoRaWAN untuk transmisi data dengan skenario urban area kondisi Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mensimulasikan protokol LoRaWAN di aplikasi Network Simulator 3 (NS-3) dengan mengubah parameternya untuk mengetahui pengaruhnya terhadap jumlah end device, jarak radius gateway, dan periode pengiriman data terhadap parameter throughput dan packet loss. Dari hasil simulasi diketahui bahwa untuk pemakaian protokol LoRaWAN di urban area, semakin banyak end device yang dipakai maka semakin besar nilai throughput dan semakin besar nilai packet loss yang didapat. Selain itu, semakin luas area yang dibutuhkan maka throughput dan packet loss yang didapat bernilai konstan. Kemudian, semakin besar periode pengiriman data maka semakin kecil nilai throughput yang didapat dan semakin kecil nilai packet loss yang didapat.


Bagi teman-teman yang ingin belajar mengenai IoT dari dasar, bisa mengambil membership di Nusabot dengan mengunjungi laman https://nusabot.id/membership. Disana teman-teman bisa belajar sepuasnya kapanpun dimanapun serta sangat direkomendasikan bagi pemula.


Materi Nusabot bukan materi yang banyak bertebaran di Youtube, banyak materi yang memang ekslusif serta semua nya sudah tersusun sehingga teman-teman tidak perlu belajar lompat sana sini lagi bingung harus mulai dari mana.


Sumber: https://j-ptiik.ub.ac.id

Postingan Terkait

image
[Knowledge]

ESP8266

Selasa, 28 Juni 2022
image
[Knowledge]

Apa Itu Arduino

Selasa, 28 Juni 2022
image
[Knowledge]

Kini MicroPython Resmi Jadi Bagian Dari Arduino

Selasa, 28 Juni 2022